• Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image

Universitas Terbuka Yogyakarta, Making Higher Education Open To All

UPBJJ UT Yogyakarta Gelar Upacara Penyerahan Ijazah Periode 1 Tahun 2022

UPBJJ UT Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah Periode 1 Tahun 2022 secara luring di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center pada Rabu 25 Mei 2022. Diikuti oleh 744 wisudawan dari program diploma, sarjana dan pascasarjana yang berasal dari wilayah DIY, Purworejo, Muntilan, Magelang, Temanggung dan Wonosobo. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui channel YouTube UT Yogyakarta. Tema UPI kali ini adalah Arah Pendidikan Masa Depan Generasi Milenial Indonesia di Era Society 5.0. Era Society 5.0 adalah era dimana manusia dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 dan berpusat di teknologi.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pengambilan toga oleh calon wisudawan di Kantor UPBJJ UT Yogyakarta yang dimulai sejak Senin, 9 Mei 2022 sampai dengan Selasa, 24 Mei 2022. Selanjutnya dilaksanakan temu wicara antara pimpinan UT dengan calon wisudawan, kegiatan ini sekaligus menjadi wadah untuk berbagi kebahagiaan dan pengalaman selama menempuh pendidikan di Universitas Terbuka. Kemudian dilaksanakan seminar dengan pembicara Sekda DIY, Bapak Drs. Raden Kadarmanta Baskara Aji.

Upacara Penyerahan Ijazah merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan, dihadiri oleh Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya, S.E, M.Pd;  Rektor Universitas Terbuka yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Meirani Harsasi, S.E, M.Si.; Direktur Universitas Terbuka Yogyakarta, Dr. Agus Santoso, M.Si beserta jajaran; Ketua dan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Terbuka Yogyakarta, dan para pengurus Pokjar. Dalam kesempatan ini diberikan pula penghargaan kepada wisudawan terbaik yaitu saudara Dhimas Bangkit Panuntun dengan IPK 3,92 dari program studi S1 Ilmu Administrasi Negara dan saudari Nur Fatimah dengan IPK 3,91 dari program studi S1 PGPAUD. Sementara penghargaan tutor terbaik diberikan kepada Prof. Dr. Theresia Woro Damayanti, S.E., M.Si., Ak., CA. BKP. Ikatan Keluarga Alumni UT Yogyakarta turut memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik dan penghargaan berupa beasiswa kepada 10 mahasiswa berprestasi.
upi

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Terbuka yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Meirani Harsasi, S.E, M.Si menyampaikan ucapan selamat bagi para wisudawan yang telah diberi gelar ahli madya, gelar sarjana dan gelar pascasarjana. “Ajaklah lingkungan sekitar untuk memproduksi gagasan baru, pemikiran baru, temuan baru, dan produk baru berdasarkan ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi kekinian yang membawa manfaat dan perubahan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia”, ujarnya. Dalam peranannya di era human centered dan technology based tersebut, UT telah berusaha untuk memberikan pelayanan berbasis penerapan teknologi. Proses belajar di seluruh program studi di UT sudah mengadopsi teknologi informasi komunikasi (TIK) terkini di dalam semua kurikulum, baik tingkat diploma, sarjana, maupun magister.

Sementara Direktur Universitas Terbuka, Dr Agus Santoso, M.Si dalam sambutannya juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan atas prestasi yang telah dicapai setelah melalui perjuangan keras yang tak kenal lelah dan pantang menyerah selama menyelesaikan studi di UT. “Perlu bekal keterampilan yang harus disiapkan oleh lulusan UT yang relevan dengan kondisi di era  society 5.0. Keterampilan itu diantaranya kemampuan pemecahan masalah yang kompleks, kemampuan berpikir kritis, kreativitas tinggi, kemampuan mengelola sumber daya manusia, serta kemampuan kognitif yang fleksibel. SDM dituntut untuk terus berinovasi dan memiliki kesadaran secara spiritualitas yang menentukan sikap manusia.”

Acara dimeriahkan pula oleh penampilan paduan suara SMM (Sekolah Menengah Musik) Yogyakarta yang membawakan lagu berjudul Happy, Hati-hati di Jalan dan Mahadaya Cinta. Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Janji Wisudawan, Ucapan Terima Kasih oleh perwakilan wisudawan.  Penyerahan Lulusan kepada Ketua IKA UT Yogyakarta, Bapak Partogi Dame Pakpahan, M.Si. dan ditutup dengan pembacaan doa secara khidmat oleh Bapak Drs. Wartomo, M.Pd. Antusias dan kebahagiaan para wisudawan sangat jelas terlihat dari awal prosesi hingga berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan ini.

Foto UPI bisa didwonload di https://sl.ut.ac.id/jogja-foto-upi-20221


fkip  fhisip  fe  fst  pasca