• Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image

Universitas Terbuka Yogyakarta, Making Higher Education Open To All

Ayo bergabung bersama UT melalui program KIP-Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah, disingkat KIP-Kuliah, adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Pada tahun akademik 2021/2022, Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Yogyakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru program KIP-Kuliah melalui jalur seleksi mandiri PTN. KIP-Kuliah memberikan pembebasan biaya kuliah selama masa studi di UT dan menyediakan bantuan biaya hidup bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik dan ekonomi yang ditetapkan.

Pilihan Program Studi

Pendaftaran mahasiswa baru program KIP-Kuliah UPBJJ-UT Yogyakarta 2021 dibuka untuk satu kelas dengan jumlah 25 mahasiswa dengan pilihan program studi sebagai berikut :

Program Studi S1 Akuntansi atau Program Studi S1 Ekonomi Syariah

*) Program studi yang dibuka ditentukan berdasarkan jumlah pendaftar.

 

Syarat Pendaftaran

Persyaratan untuk mendaftar program KIP-Kuliah adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan (2021) atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya (tahun 2019 dan 2020), serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid
  2. Usia calon penerima setinggi-tingginya 21 tahun
  3. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  4. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik dengan nilai rata-rata rapor 7,5 (semester 1-5) dan mempunyai Kartu Indonesia Pintar atau keluarga peserta Program Keluarga Harapan atau Kartu Keluarga Sejahtera atau memenuhi syarat pendapatan kotor gabungan orang tua tidak lebih Rp.4.000.000,00 per bulan atau bila dibagi jumlah keluarga tidak lebih dari Rp.750.000,00
  5. Pendidikan orang tua setinggi-tingginya S1 atau Diploma 4
  6. Bersedia menandatangani surat pernyataan tentang kebenaran dokumen, kesanggupan mengikuti proses studi dan mematuhi segala peraturan di lingkungan Universitas Terbuka bermaterai Rp.10.000,00
  7. Apabila kondisi sudah normal dari pandemi Covid-19 bersedia mengikuti proses perkuliahan tutorial tatap muka (TTM) di Kota Yogyakarta.

 

Berkas Pendaftaran

Calon peserta wajib melengkapi berkas-berkas sebagai berikut:

  1. Formulir pendaftaran yang telah diisi oleh calon yang bersangkutan (download)
  2. Foto copy ijazah yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah, atau Surat keterangan Lulus dari Kepala Sekolah bagi lulusan 2021 yang belum memperoleh ijazah sebanyak 2 lembar.
  3. Fotokopi Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan/Desa.
  4. Fotokopi rapor mulai semester 1 (satu) s.d. 5 (lima)
  5. Keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas/sekolah dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler
  6. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga
  7. Pasfoto terbaru dan berwarna ukuran 4x6  dan 3x4 masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar
  8. Formulir isian pas foto, dan tanda tangan (download)
  9. Surat pernyataan tentang kebenaran dokumen, kesanggupan mengikuti proses studi dan mematuhi segala peraturan di lingkungan Universitas Terbuka bermaterai Rp.10.000,00. (download)

 

Tata Cara Pendaftaran

  1. Calon mendaftar secara online melalui http://sl.ut.ac.id/jogja-kipk2021 paling lambat 5 Juli 2021.
  2. Calon yang dinyatakan lolos pada seleksi nomor 1 di atas akan dihubungi melalui nomor kontak untuk mengikuti seleksi wawancara secara daring paling lambat tanggal 14 Juli 2021.
  3. Calon yang sudah dinyatakan lolos seleksi akan diundang ke kantor UPBJJ-UT Yogyakarta sesuai jadwal secara bergantian, untuk:
  1. menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran
  2. mengisi data secara tertulis dan online pada laman KIP Kuliah Kemdikbud dan Aplikasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Terbuka di UPBJJ-UT Yogyakarta.
  1. Proses pendaftaran dinyatakan selesai bila calon telah menerima tanda terima berkas yang diverifikasi oleh petugas.

Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan paling lambat tanggal 15 Juli 2021 melalui website http://www.yogyakarta.ut.ac.id dan media sosial UPBJJ-UT Yogyakarta.

Jadwal Pendaftaran Program KIP Kuliah UPBJJ-UT Yogyakarta

No

Tahapan

Tanggal

Keterangan

1

Pendaftaran melalui http://sl.ut.ac.id/jogja-kipk2021

21 Juni-5 Juli 21

 

 

2

 

Wawancara secara daring

 

23 Juni -14 Juli 21

Link wawancara akan dikirimkan melalui nomor yang telah didaftarkan

3

Pengumuman hasil seleksi melalui http://www.yogyakarta.ut.ac.id dan media sosial UPBJJ-UT Yogyakarta.

 

15 Juli 2021

 

 

- Terima Kasih -


fkip  fhisip  fe  fst  pasca