• Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image

Universitas Terbuka Yogyakarta, Making Higher Education Open To All

Peraih Medali Emas pada Kompetisi Sains Indonesia (KSI) POSI Tahun 2021

Rema Marninda Zahara, lahir di Wonosobo, 21 Agustus 1998, merupakan mahasiswi semester 5 Prodi S1-Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Terbuka. Pada 14 Februari 2021 lalu, ia mengikuti Kompetisi Sains Indonesia (KSI) yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) secara daring dan berhasil meraih medali emas, yang menurutnya merupakan suatu kebanggaan tersendiri baginya. Gadis yang akrab disapa Rema tersebut bertanding melawan lebih dari 3.000 mahasiswa PTN maupun PTS dari seluruh Indonesia. Bagi Rema, partisipasinya dalam ajang tersebut adalah sebagai pengalaman akademik dan untuk mengasah kemampuannya dalam bidang Biologi.

foto reema

Dalam mengerjakan lima puluh soal olimpiade tersebut, Rema memulainya dari yang mudah dan kemudian menyelesaikan soal yang lebih rumit, karena jawaban yang salah akan dinilai minus 1. Selain itu, batasan waktu yang diberikan juga harus diperhatikan. Rema bercerita bahwa tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti olimpiade ini. Kuncinya adalah fokus dengan pertanyaan yang ada, agar jawaban yang dipilih tepat. Dengan mengikuti olimpiade ini, Rema merasa dapat menambah wawasan dan prestasi selagi ada kesempatan untuk mengikutinya.

Ketertarikan Rema pada ilmu Biologi sudah nampak sejak masih duduk di bangku SMP. Bahkan di tingkat SMA, dia mengambil jurusan MIPA dan kecintaannya ini pun berlanjut hingga saat ini, dengan menempuh pendidikan S1 di prodi Biologi FST UT.

Menurutnya, Biologi itu mengasyikkan karena ia senang belajar segala yang berkaitan dengan makhluk hidup hingga alam semesta yang luas, karena kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari hal tersebut. Mempelajari Biologi pun membuatnya selalu ingat dan lebih bersyukur pada Sang Pencipta, karena menyadarkannya bahwa kehidupan itu tidak sesederhana yang dibayangkan, melainkan sangat detail dan luas.


fkip  fhisip  fe  fst  pasca