• Slide Background Image
  • Slide Background Image
  • Slide Background Image

Universitas Terbuka Yogyakarta, Making Higher Education Open To All

Bimbingan Tesis Residensial (BTR) Program Magister Pendidikan Dasar

Pada 8-9 Mei 2020 UT Yogyakarta melaksanakan kegiatan seminar proposal tesis atau dikenal Bimbingan Tesis Residensial pertama (BTR 1) bagi mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar (MPDR) semester 2020/2021.2. BTR merupakan bimbingan intensif sebagai rangkaian dari proses penyusunan Tugas Akhir Program Magister (TAPM). BTR dilaksanakan secara daring dengan menggunakan media Microsoft Teams. Hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19, kegiatan BTR tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Direktur UT Yogyakarta, Anto Hidayat, S.IP., M.Si, membuka kegiatan yang diikuti oleh 19 mahasiswa. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dipandu oleh Drs. Slamet Widiyono, M.Pd. dan Drs. Sunu Dwi Antoro, M.Pd.

Bimbingan Tesis BTR

BTR melibatkan dosen pembimbing dari Universitas Terbuka dan perguruan tinggi. Untuk pemberian masukan yang konstruktif diundang pula 2 pembahas ahli dari Universitas Negeri Jakarta, yakni Prof. Dr. M. Syarif Somantri, M.Pd dan Prof. Dr. M. Japar, M.Si. Pembahas Ahli adalah para akademisi yang bidang keahliannya relevan dengan topik kajian penelitian mahasiswa.

Para pembahas ahli dan dosen pembimbing memberikan masukan terhadap relevansi pokok masalah penelitian dengan topik penelitian yang diambil, kajian teori serta metode penelitian yang sesuai. Dari kegiatan BTR ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh masukan dan saran perbaikan dari Pembahas Ahli serta dosen Pembimbing serta menambah wawasan mereka tentang penulisan tesis yang baik dan benar.

Dalam BTR mahasiswa mendapatkan saran dan masukan dari pembahas ahli dan dosen pembimbing. Setelahnya, mahasiswa melakukan perbaikan dan penyempurnaan proposal sebelum melaksanakan penelitian. Bagi Program Studi MPDR PPs-UT, kegiatan BTR ini memberikan gambaran mengenai progress penyusunan TAPM dan memberikan perhatian agar mahasiswa dapat menyelesaikan studinya tepat waktu dan menghasilkan tesis yang berkualitas sesuai dengan standar TAPM PPs UT.

Dalam penutupan para mahasiswa ditegaskan kembali untuk memperkuat kerangka berfikir, penggunaan alat analisis yang tepat, pemanfaatan sumber pustaka, dan memperbaiki komposisi penulisan. Ketua Prodi Magister Pendidikan Dasar, Dr. Amalia Sapriati, M.Pd berpesan kepada  mahasiswa agar segera memperbaiki proposal tesis berdasarkan saran dan masukan, melaksanakan penelitian, dan  mengelola waktu dengan baik sehingga dapat menyelesaikan studi dengan tepat waktu.


fkip  fhisip  fe  fst  pasca