Kesalahan
  • Galat memuat data pengumpan

762 Lulusan Universitas Terbuka Ikuti Upacara Penyerahan Ijazah ( UPI ) UPBJJ-UT Yogyakarta, Tanggal 16 Agustus 2017

Sebanyak 762 lulusan Universitas Terbuka (UT) Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Yogyakarta mengikuti Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) di Gedung Multipurpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada hari Rabu tanggal 16 Agustus 2017. Kegiatan ini diperuntukan bagi lulusan UT di UPBJJ-UT Yogyakarta yang tidak mendapat kesempatan mengikuti wisuda di UT Pusat Jakarta.

Peserta UPI Periode II tahun 2017 ini terdiri dari lulusan yang berdomisili dari wilayah kerja UPBJJ-UT Yogyakarta, yang terdiri dari lulusan program PGSD 365 lulusan, PGPAUD 305 lulusan, Perpustakaan D2 4 lulusan, Perpustakaan S1 48 lulusan, D3 Perpajakan 1 lulusan, Administrasi negara 12 lulusan, Manajmen 7 lulusan, Statistika 1 lulusan, Pendidikan Bahasa Inggris 3 lulusan, Sosiologi 1 lulusan, Ilmu komunikasi 3 lulusan, Pendidikan Ekonomi 2 lulusan, Akuntansi 8 lulusan, dan bahasa Inggris Penerjemahan 2 lulusan. Adapun lulusan yang memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terbaik pada UPI kali ini adalah saudari Ana Masrukah dari program studi Pend. Guru PAUD Kabupaten Bantul dengan IPK 3,91. Terbaik kedua dicapai oleh Ragil Febri Anggraini asal Kabupaten Temanggung, Program studi S1 Pend. Guru PAUD dengan IPK 3,90. Hadir dalam kegiatan UPI tersebut Pembantu Dekan I FKIP Universitas Terbuka Ibu Dr. Amalia Sapriyati, M.Pd yang mewakili Rektor UT dalam acara UPI dan membuka secara resmi Upacara Penyerahan Ijazah (UPBJJ-UT) Yogyakarta Periode II tahun 2017. Upi pada kali ini juga dihadiri oleh Bupati Kepala Daerah Kabupaten Sleman, Ka. Dinas Provinsi DIY, para Kepala Dinas Pendidikan dan Ka. BKPP sewilayah kerja UPBJJ-UT Yogyakarta yang meliputi kota Yogyakarta, Magelang dan Kabupaten Kulon Progo, Gunung Kidul, Sleman, Bantul, Purworjo, Temanggung, dan Wonosobo.

Dalam rangkaian Upacara Penyerahan Ijazah tersebut sehari sebelumnya yaitu pada hari Senin tanggal 15 Agustus 2017 diselenggarakan seminar dengan tema “UT memperkokoh semangat KebangsaanSebagai pembicara kunci dalam seminar tersebut adalah Prof. Dr. Sudjito, SH, M.Si. Guru Besar Ilmu Hukum UGM dan kepala Pusat Studi Pancasila UGM (2013-2015). Mengingat sebagaian besar perserta seminar adalah guru maka Beliau menyampaikan bahwa semestinya seorang guru memiliki keimuan tentang Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa dan nasionalisme serta kemampuan mengamalkannya untuk memperkokoh semangat kebangsaan anak didik. Selanjutnya beliau memaparkan Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa serta nasionalisme untuk memberikan pencerahan para peserta seminar.

Rektor UT dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pembantu Dekan I FKIP Universitas Terbuka Ibu Dr. Ir. Amalia Sapriyati, M.A menyampaikan selamat atas kelulusan dan selamat atas diraihnya kualifikasi akademik sesuai bidang ilmu masing-masing. Selanjutnya pesan-pesan Rektor kepada para lulusan terkait dengan tema antara lain bahwa nasionalisme merupakan sebuah gerakan yang dilancarkan suatu kelompok manusia dan bersifat ideologis, yang bertujuan memperjuangkan dan mempertahankan kemandirian, persatuan, dan identitas dalam usaha untuk menjadi sebuah bangsa. Nasionalisme akan membentuk wawasan kebangsaan, yang merupakan cara pandang masyarakat bahwa bangsa dengan segala isinya UT melalui idealismenya sebagai Pagar Bangsa berusaha terus membangun negeri tercinta Indonesia. Upaya UT yang nyata diantaranya adalah penyelenggaraan Pendidikan Kewarganegaraan, yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik dan membentuk kualitas kepribadian sesuai dengan jiwa Pancasila dan UUD 1945. Besarnya jumlah mahasiswa dan daya jangkau yang sangat luas memungkinkan Universitas Terbuka berperan dalam turut serta pengembangan nilai-nilai kebangsaan. Mahasiswa merupakan potensi untuk mendukung pengembangan nilai-nilai kebangsaan.

      Sementara itu kepala UPBJJ-UT Yogyakarta, Dra. Diah Astuti, M.Si dalam sambutannya menekankan pada para lulusan UT bahwa gelar kualifikasi akademik yang baru peroleh merupakan sarana dalam meniti karier selanjutnya serta dalam menghadapi tantangan kehidupan dalam masyarakat berbangsa dan bernegara. Sebagai alumni UT yang berasal dari berbagai daerah merupakan modal dasar memupuk jiwa kebersamaan dalam semangat nasionalisme. Karena memupuk jiwa dan semangat nasionalisme merupakan tanggungjawab semua kalangan masyarakat sehingga para lulusan UT menjadi lebih siap dalam turut serta membangun jiwa nasionalisme dalam masyarakat yang sebentar lagi akan mereka hadapi. Peluang dan tantangan sudah di depan mata, belajar tidak hanya cukup sampai di sini saja akan tetapi akan terjadi belajar sepanjang hayat dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi kehidupan masyarakat yang lebih luas.

Sunu (Red)

762 Lulusan Universitas Terbuka Ikuti Upacara Peny...
762 Lulusan Universitas Terbuka Ikuti Upacara Penyerahan Ijazah ( UPI )  UPBJJ-UT Yogyakarta, Tanggal 16 Agustus 2017

Sebanyak 762 lulusan Universitas Terbuka (UT) Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Yogyakarta  [ ... ]

Baca Selanjutnya
762 Lulusan Universitas Terbuka UPBJJ-UT Yogyakart...
762 Lulusan Universitas Terbuka UPBJJ-UT Yogyakarta Ikuti Seminar  Upacara  Penyerahan Ijazah ( UPI )

UPBJJ-UT Yogyakarta kembali menyelenggarakan seminar dalam rangka Upacara Penyerahan Ijazah ( UPI )  [ ... ]

Baca Selanjutnya
628 Mahasiswa Baru UPBJJ-UT Yogyakarta Ikuti Orien...
628 Mahasiswa Baru UPBJJ-UT Yogyakarta Ikuti Orientasi Mahasiswa baru (OSMB)

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan orientasi mahasais [ ... ]

Baca Selanjutnya
Artikel lainnya