wrapper

Breaking News

Has no content to show!

Rembug Kemahasiswaan UPBJJ UT Yogyakarta

Saat ini anak muda semakin berminat kuliah di Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTJJ). Di Universitas Terbuka sebagai penyelenggara PTJJ beberapa tahun terakhir menunjukkan adanya peningkatan jumlah mahasiswa dari kalangan muda 40% usia 30 tahun dan 25% berusia di bawah 25 tahun sebanyak 25%. Kondisi itu UT perlu untuk memberikan wadah bagi kegiatan para mahasiswa tersebut.

Dalam rangka merespon kebutuhan itu pada hari Minggu tanggal 12 Agustus 2018 UPBJJ-UT Yogyakarta menyelenggarakan pertemuan dengan semua komunitas mahasiswa UT Yogyakarta yang diberi tajuk Rembug Kemahasiswaan UPBJJ-UT Yogyakarta.

Bertempat di DST Kopi Kasihan Bantul Yogyakarta yang memiliki nuansa santai di tengah perumahan yang asri oleh teduhnya pepohonan yang mengelilingi serta suasan hening jauh dari hiruk pikuk dan kebisingan para mahasiswa anggota berbagai komunitas kemahasiswaan berkumpul untuk berembug bersama.

Setelah dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne UT acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia dilanjutkan dengan sambutan Kepala UPBJJ-UT Yogyakarta. Ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan ini dikuti oleh puluhan mahasiswa UT Yogyakarta yang merupakan perwakilan komunitas mahasiswa yang ada.

Dalam sambutannya Kepala UPBJJ UT Yogyakarta Anto Hidayat, S.IP,M.Si. mengungkapkan bahwa acara ini pertama kali diadakan dan harapannya akan berkelanjutan. Setidaknya ada tujuannya adalah untuk mengenali kelompok belajar mahasiswa yang eksis di UPBJJ. Selain itu juga mendiseminasikan kebijakan pembinaan kemahasiswaan UT. Tujuan selanjutnya ingin menampung aspirasi dari para mahasiswa. Di samping itu juga menginisiasi pembentukan forum komunikasi mahasiswa sebagai wadah kegiatan beserta rekomendasinya. Ujungnya akan bisa diwujudkan peningkatan kegiatan mahasiswa. Meski membahas tema yang sangat penting namun diharapkan berjalan dengan rileks penuh kekeluargaan. Itulah alasan mengapa dipilih tempat yang bisa membawa suasana serius tapi santai (sersan) begitu istilah yang dipakai oleh Kepala UT Yogyakarta.

rembu2

Acara dilanjutkan dengan persembahan tari gambyong dari salah satu mahasiswa UT Jogja. Penampilan yang mengundang tepuk tangan dari segenap peserta sebegai bentuk eksistensi salah satu komunitas mahasiswa UT.

Pada sesi pemaparan materi tentang kegiatan kemahasiswaan di UT, diungkapkan ada tiga bidang kegiatan mahasiswa penalaran, kesejahteraan dan kewirausahaan serta minat dan bakat. Mahasiswa UT Yogyakarta bisa berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang ada di kalender Belmawa Dikti maupun yang dalam kalender Universitas Terbuka. Untuk kegiatan di UT LKTM Disporseni Lomba Minat Bakat dan kegiatan mahasiswa berbasis kelompok belajar .

Sasaran selanjutnya akan lahir prestasi mahasiswa serta pembinaan mahasiswa yang terstruktur. Melalui acara pengenalan dari seluruh komunitas yang hadir serta diskusi tentang kegiatan mahasiswa di UT Yogyakarta maka dicapai kesepahaman bahwa eksistensi komunitas kemahasisswaan perlu untuk memperoleh pengakuan dari UPBJJ UT Yogyakarta setelah sebelumnya dibentuk kepengurusan masing-masing komunitas. Ujungnya rembug ini akan melahirkan Forum Komunikasi Komunikasi yang mampu mewadahi mahasiswa dalam mengaktualisasikan dirinya melalui kegiatan-kegiatan yang ada dilingkungan UT khususnya UT Yogyakarta.

rembug