wrapper

Breaking News

Has no content to show!

975 Lulusan Universitas Terbuka asal Yogyakarta ikuti Upacara Penyerahan Ijazah ( UPI ) Periode I, Tanggal 20 Maret 2018

Sebanyak 975 lulusan Program Pendas dari lulusan Program PGPAUD dan PGSDserta Non Pendas yang terdiri dari lulusan dari FKIP, FKON, FISIP, FMIPA Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Yogyakarta pada hari Selasa 20 Maret 2018. Kegiatan ini diperuntukan bagi lulusan UT dari UPBJJ-UT Yogyakarta yang tidak mendapat kesempatan mengikuti upacara wisuda di UT Pusat. Sedangkan sebagian berkesempatan diundang dan mengikuti wisuda di UT Pusatperiode III 2-3 April 2018 mendatang. Selain lulusan program sarjana, ada satu lulusan program pascasarjana, yakni, Stefanus Siswoyo, sebagai lulusan pertama program pascasarjana dari prodi magister manajemen bidang minat keuangan dari UPBJJ-UT Yogyakarta.

Peserta UPI Periode I tahun 2018 terdiri dari lulusan yang berdomisili di wilayah kerja UPBJJ Yogyakarta meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Purworjo. Pada acara penyerahan ijazah kali ini mempersembahkan lulusan terbaiknya sebanyak 975 lulusan, yang terdiri dari lulusan program non pendidikan dasar 115 lulusan dan program pendidikan dasar 860 lulusan.

Lulusan yang memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terbaik pada UPI kali ini adalah saudariAri Endri Hartatikdari Kabupaten Gunung Kidul, program studi Pendidikan Guru PAUD –S1 dengan IPK 3,92. Terbaik kedua dicapai oleh Sarwindah dari Kabupaten Gunung Kidul program studi PGSD-S1 dengan IPK 3,84. Terbaik ke tiga dicapai oleh Annis Konitasari dari prodi Penerjemah dengan IPK 3,80 asal Kabupaten Kulon Progo.

Upacara Penyerahan Ijazah (UPBJJ-UT) Yogyakarta Periode I tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Rektor UT yang diwakili Wakil Rektor 3 Aminudin Zuhairi, Ph.D. Hadir dalam UPI tersebut Bupati Bantul Drs. H. Suharsono dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Bapak Drs. Baskoro Aji, MM. Keduanya sengaja diundang untuk memberikan sambutan untuk memberikan memotivasi dan pembekalan peserta wisuda dalam menghadapi tantangan hidup yang sebenarnya setelah mendapat gelar kesarjanaan di Universitas Terbuka.

Dalam rangkaian Upacara Penyerahan Ijazah tersebut sehari sebelumnya yaitu pada hari Senin tanggal 19Maret 2018 diselenggarakan seminar dengan tema “Membangun Karakter Bangsa melalui Literasi DigitalSebagai pembicara dalam seminar tersebut adalah Pangesti Wiedarti, M.Appl.Ling., Ph.D dosen Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor UT dalam sambutanya yang diwakili Wakil Rektor 3 Aminudin Zuhairi, Ph.D menyampaikan selamat kepada para peserta UPI atas kelulusan dan selamat atas diraihnya kualifikasi akademik sesuai bidang ilmu masing-masing. Sesuai dengan tema UPI “Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital” beliau berpesan bahwa melalui pengalaman dalam pendidikan terbuka sebagai lulusan pendidikan jarak jauh kemampuan mengolah informasi melalui literasi digital dapat membantu bangsa Indonesia mewujudkan karakter bangsa yang berbudaya dan mampu mefilter segala informasi sehingga bangsa ini akan terhindar dari segala bentuk informasi yang tidak mendidik dan menyesatkan. Anda harus menjadi alumni UT yang dapat jadi tauladan masyarakat sekitarnya bahwa kemudahan mendapatkan informasi yang beraneka ragam tidak dapat ditelan mentah-mentah, namun harus diolah dan dipilah, diseleksi, dikonfirmasi, diklarifikasi sebagai informasi yang benar, sebelum dijadikan sebagai sumber dalam mengambil keputusan.

Sementara itu kepala UPBJJ-UT Yogyakarta, Anto Hidayat S.IP., M.Sibahwa UPI kali ini menyerahkan ijazah kepada 975 lulusan baik dari program pendidikan dasar maupun program non kependidikan dari FKIP.FEKON, FISIP dan FMIPA. Dalam sambutannya berpesan kepada 975 lulusan untuk menjadi alumni UT yang tangguh dan bekal kemampuan litersi digital dari UT mampu menjadi pribadi mandiri dalam memilih dan memilah informasi. Disamping itu beliau juga menyampaikan bahwa UPBJJ UT Yogyakarta pada semester memperoleh mahasiswa baru berjumlah 1.159 mahasiswa, yang terdiri atas Program PGSD dan PGPAUD berjumah 693 mahasiswa dan Program Non PGSD-PGPAUD, seperti Manajemen, Akuntansi, Administrasi Negara, dan program studi lain sebanyak 466 mahasiswa. Hal ini merupakan salah satu bukti adanya kepercayaan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya kepada UT. Disamping itu hali ini sekaligus tantangan untuk memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas agar mereka dapat lulus sesuai dengan harapan yang diinginkan, lulus tepat waktu dengan IPK yang baik.

Red.

Sunu DA>