wrapper

Breaking News

Has no content to show!

Seminar Upacara Penyerahan Ijazah ( UPI ) Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT ) Yogyakarta, Senin 19 Maret 2018

UPBJJ-UT Yogyakarta kembali menyelenggarakan seminar dalam rangka Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) pada tanggal 19 Maret 2018 dengan tema ” Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital”. Seminar ini diselenggarakan dalam rangka melepas lulusan UT melalui kegiatan UPI yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 20 Maret 2018. Peserta UPI kali ini sebanyak 975 yang terdiri dari Program Pendas (PGPAUD dan PGSD) sebanyak 860 lulusan dan Non Pendas ( FKIP, FKON,FISIP,FMIPA) sebanyak 115 lulusan. Kegiatan UPI ini diperuntukan bagi lulusan Universitas Terbuka di UPBJJ-UT Yogyakarta yang tidak mendapat kesempatan mengikuti upacara wisuda periode I tahun 2018 di UT Pusat Jakarta.

Pembicara dalam seminar ini adalah Ibu Pangesti Wiedarti, M.Appl. Ling., Ph.D dosen Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta dengan moderator Drs.Sunu Dwi Antoro, M.Pd. Dalam orasi ilmiahnya beliau mengajak para lulusan UT yang sebagian besar berprofesi sebagai guru dan sebagian besar lulusan UT telah memiliki pekerjaan, maka sangat tepat untuk mendukung kampanye menjadi literasi informasi yang baik serta menjadi tauladan masyarakat untuk menumbuhkan budaya literasi yang cerdas, bijak dan bertanggungjawab. Sebagai guru wajib memberikan contoh bagaimana menjadi pembaca yang kritis agar tidak mudah terhasut.

Sebelum kegiatan seminar ini diawali dengan kegiatan Temu Wicara. Acara ini dipimpin oleh Kepala UPBJJ-UT Yogyakarta, Anto Hidayat S.IP., M.Si. dihadiri oleh Wakil Rektor 3, Aminuddin Zuhairi, Ph.D. berserta segenap jajaran pimpinan UPBJJ-UT Yogyakarta. Pada temu wicara kali ini, pesan pertama yang disampaikan oleh Bapak kepala berkenaan dengan predikat yang telah disandang para lulusan UT sebagai seorang sarjana. Pada era digital ini, banyak kalangan memandang pentingnya seorang sarjana memiliki kemampuan literasi digital. Harapan ini seiring dengan UT segai pencetak lulusan yang memiliki kemampuan literasi informasi yang baik. Anda sebagai alumni UT harus suri tauladan di tengah masyarakat, bahwa kemudahan dalam mendapatkan informasi dalam literasi digital harus tidak dipercaya begitu saja, namun harus dicek kebenarannya. Disamping itu, banyaknya konten konten dalam literasi digital yang tidak bermanfaat harus dihindari agar tidak berdampak kurang baik bagi Anda.

Disamping pesan-pesan yang disampaikan Ka UPBJJ UT Yogyakarta, kegiatan temu wicara ini juga diisi dengan tanya jawab, dan ditutup dengan acara gladi bersih Upacara Penyerahan Ijazah pada hari berikutnya Selasa, tanggal 20 Maret 2018.

Red.

Sunu DA.