wrapper

Breaking News

Has no content to show!

586 Mahasiswa Baru Non PGSD/PGPAUD UPBJJ-UT Yogyakarta Ikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB).

586 Mahasiswa Baru Non PGSD/PGPAUD UPBJJ-UT Yogyakarta Ikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB)

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan orientasi mahasaiswa baru (OSMB) program FKON, FSIP, FMIPA, FKIP (non PGSD, non PAUD) pada hari Sabtu, 10 Pebruari 2018 di kota Magelang bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Magelang dengan peserta 115 mahasiswa. Sedangkan pada hari Minggu tanggal 11 Pebruari 2018 mengambi Gedung Wanitatama, Jl. Laksda Adisucipto. OSMB masa registrasi 2017/2018.2 (2018.1) diikuti oleh mahasiswa baru berjumlah 471 mahasiswa. Sehingga dari dua lokasi OSMB tersebut terdapat 586 mahasiswa baru yang berasal dari 4 Fakultas yaitu FSIP FEKON, FKIP, dan FMIPA.

OSMB diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru tentang bagaimana belajar di UT. Melalui pengenalan berbagai system pengelolaan akademik maupun administrasi, mahasiswa baru mampu dengan cepat menyesuikan diri dalam system pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Oleh karena itu, mahasiswa baru diberikan wawasan tentang konsep PTTJJ dan UT, cara belajar mandiri, cara mengikuti Tutorial Online (Tuton) dan Tutorial Tatap Muka (TTM) serta berbagai aturan yang perlu diperhatikan meliputi bagaimana mengikuti ujian, anti menyontek, dan anti plagiat.

Disamping itu materi tentang Website UT juga diperkenalkan agar mahasiswa dapat membiasakan diri mengakses web UT sebagai sumber informasi dan sumber belajar. Dalam memperkenalkan layanan online UT disamping diberikan pemahaman tentang UT online, mahasiswa baru juga dilatih untuk mengakses, membuat user name dan password tutorial online. Pada kesempatan ini pula diperkenalkan dilatih menginstall Bahan Ajar Digital yang dapat diakses melalui perangkat mobile.

Dalam OSMB kali ini juga menghadirkan Ka. Dinas Kota Magelang, Taufik Nurbakin, S.Pd., M.Pd untuk di Magelang dan untuk di Jogjakarta mengahadirkan Ka. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Drs. Sumarsana, M.M. Kedua pejabat tersebut sengaja dihadirkan untuk memberikan motivasi mahasiswa dalam menempuh pendidikan di Universitas Terbuka. Disamping itu motivasi mahasiswa juga dipacu dengan menghadirkan beberapa mahasiswa dari jurusan komunikasi untuk berbagi pengalaman dan memberikan testimoni selama menempuh pembelajaran jarak jauh.